Monday, January 11, 2016

Membuat Niche Blog Lebih Menguntungkan

Blog khusus (niche blog) saat ini memang berkembang pesat seiring dengan fenomena monetisasi blog. Maka jangan heran jika kini kita bisa menemukan blog-blog yang khusus membahas tema-tema tertentu seperti niche kesehatan, niche teknologi, niche travelling, niche kuliner, niche sepak bola atau niche-niche lain yang mungkin saja bisa lebih spesifik.


Lalu kenapa blog niche (khusus) ini bisa menjadi begitu menjadi perhatian karena dinilai lebih menguntungkan? Berikut ulasannya.
1. Memikat Pembaca Setia
Hal pertama yang membuat Niche blog lebih menguntungkan adalah peluang blog niche untuk mendapatkan pembaca setia. Ya, dengan Anda konsisten memposting konten dengan tema yang sama, maka pembaca yang datang akan mengetahui bahwa blog Anda memang spesifik.
Maka saat mereka membutuhkan informasi yang sama, mereka akan mengingat blog Anda dan akan mengakses blog Anda untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya. Saat Anda mendapatkan pembaca setia dengan besarnya kepercayaan pada suguhan informasi blog yang ada, maka kesempatan Anda untuk memonetisasi blog akan semakin besar.

2. Membangun Komunitas

Komunitas adalah kumpulan orang-orang yang memiliki kesamaan pandangan, kesukaan dan hobi. Nah, dengan Anda membangun blog niche (blog dengan tema khusus), maka secara tidak langsung Anda sedang mengupayakan membuat tempat atau media berkumpulnya orang-orang dengan kesukaan sejenis. Jika Anda mau dan ingin mengembangkan hal ini, bukan tidak mungkin sebuah komunitas di kehidupan nyata bisa terbentuk dari blog niche Anda.

3. Menjadi Ahli atau Spesialis

Jika Anda terus-menerus dengan konsisten memposting tulisan dengan tema yang sama, maka ilmu Anda tentang topik atau tema tersebut akan terus semakin bertambah. Nah, apabila hal ini telah melekat dan menjadi identitas Anda yang didapat dari pengakuan publik, maka itu artinya Anda telah menjadi seorang yang ahli atau spesialis pada tema atau niche blog yang Anda kembangkan.

4. Menarik Para Pengiklan

Dalam hal monetisasi blog, blog niche akan memiliki peluang lebih besar menarik para pengiklan daripada blog personal. Hal ini dikarenakan niche blog atau blog khusus lebih menarik para pengiklan untuk mempromosikan produk atau jasanya karena kesamaan ide.
Para pengiklan memiliki asumsi bahwa iklan yang ditampilkan pada blog niche akan banyak menarik calon konsumen yang memang datang kesana karena satu ketertarikan yang sama. Selain iklan mandiri (spesifik), iklan dari Google atau Google Adsense juga sangat menyukai blog-blog yang memiliki tema khusus ini.

5. SEO Friendly

Dengan tema spesifik (niche) memang akan membuat blog Anda jadi SEO friendly. SEO (Search Engine Optimization) yang akan lebih menyukai blog niche akan sangat penting buat Anda dalam hal penempatan blog pada posisi strategis di sebuah halaman mesin pencari. Dengan posisi yang strategis ini maka blog Anda akan lebih cepat mendapatkan kunjungan dan trafik yang tinggi hingga akan membuat ranking blog Anda menjadi lebih baik lagi.
6. Potensi Networking
Jaringan antar blog merupakan salah satu hal yang bisa membuat blog cepat bertumbuh. Nah untuk blog-blog dengan tema khusus (niche blog), Anda akan dengan mudah untuk membangun jaringan (networking) dengan blog-blog lain yang setipe. Kekuatan yang terbentuk dari jaringan blog niche ini akan sangat bermanfaat buat Anda untuk mampu menarik lebih banyak pemasang iklan di blog-blog yang tergabung dalam jejaringan blog tersebut.

7. Konversi Yang Lebih Tinggi

Terakhir, hal yang menjadikan niche blog lebih menguntungkan adalah adanya konversi yang tinggi. Konversi penjualan dalam kaitannya dengan blog niche ini memang akan memiliki potensi yang lebih lebih besar. Pasalnya, pembaca blog niche bisa dipastikan mereka adalah orang-orang yang targeted, segmented dan siap untuk membeli produk atau jasa. Dengan besarnya pengunjung yang targeted ini maka peluang dalam deal penjualan akan juga semakin terbuka lebar.

1 comment: