Monday, January 11, 2016

Tips Menentukan Niche Blog yang Tepat

Blog sebagai media online saat ini menjadi sesuatu yang cukup diperhitungkan. Beberapa blogger (pemilik dan pengelola blog) sendiri sekarang sudah tak lagi ragu dengan aktivitas yang dijalaninya. Hal ini dikarenakan aktivitas blogging kini telah menjadi sebuah profesi yang menghasilkan pendapatan dengan melakukan monetisasi. Maka tak ayal kemudian banyak orang yang mencoba peruntungannya di dunia bloging ini.
Salah satu jenis blog yang seringkali dijadikan andalan oleh para blogger untuk mendapatkan penghasilan adalah niche blog. Niche blog (blog yang membahas satu tema khusus) memang sebuah blog yang berpeluang besar menjadikan usaha monetisasi blog menjadi sukses.
Dengan niche blog yang sangat kuat maka seseorang bisa menarik banyak pengiklan datang sehingga penghasilan pun juga semakin besar.  Meskipun sudah mengetahui bahwa niche blog memiliki banyak memiliki keutamaan dari blog personal, namun masih saja banyak blogger yang kebingungan saat menentukan tema yang akan ditetapkannya sebagai niche blognya.



Tak sedikit dari para blogger yang juga mengalami kegagalan dalam membangun niche blognya. Hal ini dikarenakan pada saat pemilihan tema khusus, para blogger ini tidak melakukan eksplorasi diri secara serius dan mendalam. Niche blog memang butuh eksplorasi diri yang besar, tanpa itu bisa dipastikan niche blog akan berjalan dalam beberapa jangka waktu saja. Lalu seperti apakah cara atau tips mengeksplorasi diri guna menentukan tema niche blog yang tepat dan mampu membawa kesuksesan ini? Berikut ulasannya.

1. Pilih Topik yang Kamu Sukai

Tips pertama mengeksplorasi diri untuk menentukan niche blog yang tepat adalah dengan memilih tema yang paling disukai. Kalimat ini mungkin masih membingungkan, karena banyak orang yang memiliki banyak kesukaan.
Jadi kesukaan yang bagaimana yang dimaksud? Untuk menentukan hal ini, Anda harus menanyakan diri Anda secara terus-menerus tentang apa hobi, passion serta kegiatan yang sering kamu lakukan dengan sangat nyaman. Ketiga unsur ini harus mendapatkan satu jawaban yang sama, kerena niche blog membutuhkan hanya satu tema saja.
Jika Anda masih merasa kurang yakin dengan jawaban yang Anda peroleh, Anda bisa bertanya kepada orang lain, terutama orang-orang terdekat Anda. Tanyakan pada mereka apa yang mereka pandang tentang diri Anda, hal apa yang biasanya mereka lihat tentang aktivitas yang Anda sukai. Jawaban dari orang-orang terdekat ini akan membantu untuk menentukan passion atau kesukaan Anda.

2. Pilih Topik yang Dikuasai

Langkah berikutnya dalam eksplorasi diri guna menentukan niche blog adalah dengan memilih topik yang dikuasai. Ingat jangan hanya pikirkan tema yang disukai saja, namun lebih dari itu Anda juga harus memikirkan topik atau tema yang Anda kuasai.
Ini penting karena dengan penguasaan tema, Anda tidak akan mengalami kesulitan dan kesusahan dalam mengupdate konten tulisan di blog. Namun sebaliknya jika Anda tidak menguasai topik atau tema, maka Anda akan kesusahan untuk membuat konten dan juga melayani beberapa komentar dan pertanyaan yang muncul dari pengunjung Anda.
Maka dari itu cobalah untuk memikirkan hal-hal tentang keahlianmu dan bidang penguasaanmu? Untuk menemukan keahlian dan penguasaan, jangan selalu berpatokan pada jurusan  pendidikan yang sudah ditempuh. Ada banyak orang di luar sana malah menemukan bakat dan keahlian yang sesungguhnya dari kesukaan dan kecintaannya pada suatu bidang.
3. Menentukan Niche Blog Berdasarkan Hot Topic
Terakhir, untuk menntukan niche blog yang tepat adalah dengan menyesuaikan dengan pangsa pasar yang ramai dikunjungi netizen. Ini adalah komponen penting jika Anda ingin cepat mendapatkan hasil dari usaha monetisaisi blog Anda.
Pilihlah topik yang biasanya dicari banyak orang di internet seperti bisnis, kesehatan, berita selebriti, dan lainnya. Untuk menemukan pangsa pasar yang sedang laris manis ini, alangkah baiknya Anda melakukan riset kecil-kecilan di internet. Sebenarnya tidak ada topik yang tidak ada peminatnya, tinggal bagaimana kita menemukan pangsa pasar dan teknik promosi yang tepat.
Sebuah topik khusus entah itu tentang suatu hobi yang baru dan tak biasanya akan memiliki kunjungan dari netizen. Namun tentu saja jika Anda memutuskan untuk memilih topik yang berbeda dari pangsa pasar, maka Anda harus sedikit lebih banyak bersabar untuk bisa menghasilkan pendapatan yang Anda inginkan dari blog Anda. 

Artikel Terkait : Membuat niche

No comments:

Post a Comment